Wednesday, September 2, 2009

Ribut2 lagu kebangsaan, hapal gak?

Minggu2 terakhir ini, ribut mulu masalah lagu kebangsaan kita yang diplesetin negara tetangga yang katanya serumpun itu. Belakangan ini juga nasionalisme orang-orang kita juga nongol lagi, tapi mungkin buat yang angkatan2 dulu kali ya.

Entah g yang ga tau atau kurang info, tapi yang g liat sekarang khususnya sekolahan swasta apa ada upacara setiap hari Senin? Diajarin lagu2 nasional atau lagu2 daerah? Kayanya udah gak kali ya. Dulu jaman g sekolah masih ada upacara, malah sempet jadi paduan suara...hehe...kalau pelajaran seni musik gitu, suka disuruh nyanyi di depan kelas, lagunya bebas asalkan lagu nasional atau lagu daerah. Bandingin deh sama sekarang, kalo punya anak atau keponakan yang sekolah jaman sekarang.

Coba suruh dia nyanyi lagu Indonesia Raya...apa hapal? Yang ciptain lagu kebangsaan kita itu siapa? tau/inget gak kalo diciptakan WR Supratman trus dinyanyiin pertama kali waktu Sumpah Pemuda I 28 Oktober 1928. Atau mungkin kita sendiri juga udah lupa, soalnya udah jarang dinyanyiin...Atau Pancasila atau UUD'45, hapal gak? Hmm...

Coba nyanyi dulu sekarang dalam hati lagu kebangsaan kita Indonesia Raya...trus bandingin ama lirik di bawah ini...ada yang lupa atau salah??


W.R. Supratman – Indonesia Raya

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya


Jadi....gimana?? Monggo diintrospeksi :)

No comments: