Friday, December 5, 2008

Kick Andy: Para Pewaris Tahta

Malem ini g nton Kick Andy di Metro TV, topiknya Para Pewaris Tahta. G ga nton dari pertama sih, nton nya juga ga terlalu serius jadi g jadi cuma inget satu nama dari 4 raja/sultan yang diwawancara Andy F Noya. Dan juga g ntonnya dari orang kedua, jadi yang pertama kelewat gak sempet ditonton. Tapi gpp, g coba summary dari yang g tonton.

Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terdiri dari ribuan pulau, suku bangsa, dan bahasa. Kalo dilihat dari sejarah banyak kerajaan2 besar atau kecil yang sudah ada sebelum NKRI terbentuk. Kerajaan itu yang memperkaya NKRI dengan budaya2 lokalnya.

Kerajaan2 yang dihadirkan di Kick Andy:
1. Yang ini saya ketinggalan ntonnya, jadi gak tau siapa :)
2. Kerajaan Deli --> Sultan Deli XIV, masih anak2, kelas V SD yang harus menjadi sultan karena mendapatkan warisan tahta. Hidupnya normal seperti anak2 lain yaitu bermain, nton tv, sekolah, dll. G liat sih dari ngomongnya agak angkuh, ya maklum lah masih anak2 tapi merasa sudah jadi raja, mungkin nanti kalo sudah dewasa, mengerti akan peran dan fungsinya.
3. Kerajaan Gowa --> adalah seorang putra mahkota yang menjadi PNS. Dia menjadi lurah dan menjadi bawahan dari rakyat biasa, tapi dia bisa menempatkan diri sebagai rakyat biasa.
4. Kerajaan Palembang Darussalam --> Nah yang ini g tau namanya, HR Mahmud Badaruddin. Sebelum menjadi raja dia adalah remaja biasa yang suka menyanyi dari bar ke bar. Dia juga seorang aktivis dan mendirikan Asosiasi Kerajaan & Kesultanan Indonesis (AKKI).

Di Kick Andy ini juga menghadirkan Siswono Yudohusodo, dikatakan bahwa Raja2 kerajaan di Indonesia saat ini sudah dapat menempatkan diri dan beradaptasi dengan masyarakat saat ini. Tujuan dari kerajaan2 yang masih ada yaitu mengembangkan dan melestarikan kebudayaan lokal melalui pimpinan2 lokal.

Apa yang dipetik dari masa lalu? Siswono mengatakan bahwa jaman dulu maritim kita sangat kuat, karena teknologi kapal vinisi saat itu adalah teknologi tertinggi dan saat ini kita masih menggunakan itu, padahal negara lain sudah menggunakan teknologi yang sangat pesat. Contoh lain Borobudur, dulu Borobudur adalah hasil karya seni dengan teknologi yang saat itu sangat tinggi. Sebenarnya kita mengalami kemajuan tapi negara2 lain maju lebih pesat, sehingga kita tertinggal.

Acara Kick Andy ditutup oleh HR Mahmud Badaruddin (raja Palembang Darussalam) dengan menyanyikan lagi "Ibu" yang dulu dinyanyikan Iwan Fals. Lagu ini disumbangkan untuk mengenang 40 hari ibunya meninggal.

No comments: