Thursday, November 13, 2008

Rokok, Kandungan & Akibatnya

Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong.


Jenis rokok yang biasa digunakan pada teman2 adalah:
1. Rokok Putih & Rokok Kretek
2. Rokok Filter & Rokok Non-Filter
Biasanya sih Rokok Putih adalah Rokok Filter dan Rokok Kretek adalah Non-Filter (CMIIW)

Pada rokok sebenarnya ada 4000 kandungan kimia di dalamnya. Di bawah ini adalah 10 kandungan kimia yang paling berbahaya:
  • Ammonia -- meningkatkan penyerapan nikotin. Biasa digunakan untuk membersihkan toilet, dicampurkan dengan air untuk menyiram di closet.
  • Arsenic -- digunakan sebagai pestisida pada tanaman tembakau, tercemar pada rokok yang sudah jadi. Dapat digunakan sebagai pembunuh tikus.
  • Cadmium -- kandungan logam yang diperoleh tembakau dari tanah. Apakah batere HP anda low? Gunakan Cadmium untuk recharge.
  • Formaldehyde -- hasil tambahan dari asap rokok, zat ini biasa digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Acetone -- hasil lain dari pembakaran rokok. Zat ini sering ditemukan pada tiner untuk membersihkan kutek (cat kuku) dan seperti ammonia, digunakan untuk membersihkan toilet juga.
  • Butane -- cairan pada korek api.
  • Propylene Glycol -- ditambahkan untuk menjaga tembakau tetap kering. Zat ini dapat mempercepat pengiriman nikotin ke otak.
  • Turpentine -- digunakan untuk memberi rasa mentol pada rokok. Minyak ini juga biasa digunakan untuk campuran cat dan varnish kayu.
  • Benzene -- zat yang dihasilkan ketika rokok dibakar. Biasa ditemukan pada pestisida dan gasolin.
  • Lead and Nickel -- Ini adalah logam.
Apa yang terjadi ketika kita merokok:
Pertama, zat2 bercampur menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan. Mata berair, hidung berlendir, dan merusak cilia (bulu kecil) pada tenggorokan.
Berikutnya, zat yang masuk ke paru2 berubah menjadi tar. Hanya 30% yang dibuang kembali ke udara, sisanya menetap dan merusak paru2.

Rokok low-tar hanya mitos, produsen hanya menambah lubang pada filter sehingga mengurangi tar yang masuk. Sayangnya, ketika kita merokok, tangan kita menutup lubang2 tersebut.

Zat kimia dari rokok juga diserap darah dan langsung menuju jantung. Jantung akan bekerja lebih keras dan cepat sebanyak 10-25 bit/menit atau sekitar 36000 bit per hari.

Selain itu juga menambah 10-15% tekanan darah. Ditambah lagi, karbon monoksida (CO) yang tercampur darah juga merusak darah itu sendiri.

Untuk kehidupan sex itu sendiri, menurut penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Boston, dari 1011 lelaki yang mengalami disfungsi ereksi, 78% adalah perokok. Sedangkan pada wanita perokok, 43% akan mengalami kemandulan dan mencapai menopause lebih cepat 2 tahun, mengurangi usia produktif.

Jadi, hentikan merokok sekarang, lumayan duitnya bisa buat yang lain :D

No comments: