Friday, September 4, 2009

Boss + karyawan + sistem = nyaman & berkembang

G nulis ini iseng aja, sapa tau besok2 g bikin perusahaan :)

Paling susah emang bikin suasana kerja yang nyaman...suasana yang bikin karyawan betah di kantor ato lingkungan kerja...kecocokan antar karyawan atau antara karyawan dengan bosnya.

Apa enaknya kalo kantor akhirnya suka gonta ganti karyawan ato bahasa kerennya turn-over nya tinggi. Menurut g, harganya lebih mahal daripada maintain karyawan lama selain mempertahankan dengan salah satu faktor salary, faktor lain ya fasilitas dan lingkungan kerja.

Semua itu g ambil dari pendapat g ya: (kalo salah ya maap)
1. Dari sisi karyawan: seharusnya tanpa memandang job desc kerjaannya atau jabatannya apa, seharusnya harus bisa kerja dalam tim, kapan saatnya harus bercanda dan kapan saatnya harus serius dengan catatan kerjaan yang jadi tanggung jawabnya beres. Dan juga jangan sampai kita ga bisa beradaptasi dan ga bisa bercanda yang bikin suasana kantor tidak enak atau terlalu diam seperti kuburan (bisa bikin stress dan cepet tua)

2. Dari sisi bos: bos seharusnya dapat melihat dan memanage bagaimana sehingga karyawannya betah bekerja di kantor sehingga ga ada pikiran untuk pindah kerja ke kantor lain. Tidak cuma masalah salary, kadang kalo ada kantor lain yang nawarin salary lebih tinggi sedikit, karyawan tentu akan setia dengan kantor yang punya lingkungan kerja yang enak. Beda ya kalo emang ada kantor lain yang menawarkan salary yang jauh lebih tinggi. Dengan ada nya turn over tinggi pada keluar masuknya karyawan tentu saja membuat rugi perusahaan karena semuanya harus dimulai lagi dari awal mengajari dan beradaptasi lagi yang belum tentu cocok dengan suasana kerjaan, yang mungkin harga yang dibayar lebih mahal dibandingkan dengan maintain karyawan lama.

3. Dari sisi prosedur dan sistem: sistem seharusnya mempermudah perkerjaan dan tidak membuat rumit kerjaan yang sebenarnya bisa dibuat mudah. Kadang2 sistem atau prosedur perlu penambahan karyawan dengan job description yang bertambah banyak sehingga karyawan bisa fokus dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Seperti dengan penambahan karyawan untuk lowongan: office boy, sekretaris, admin, dll. Jadi dengan adanya prosedur justru membuat karyawan lebih mudah dan praktis dengan kembali lagi pada kenyamanan kerja yang membuat betah di kantor.

Mungkin supaya perusahaan kecil yang sedang berkembang. lebih baik memantain karyawan lama yang berpotensi dan memulai menambah karyawan baru sebagai rekan kerja atau anak buah yang bisa membantu karyawan lama.

Hanya sekedar opini dari seseorang yang bercita2 punya perusahaan :D

No comments: