Monday, December 22, 2008

Merenung di Hari Ibu 22 Desember 2008

Tadi g denger di i-radio, raviq ama putri ngebahas tentang hari Ibu. Lagu2 yang diputer juga tentang Bunda/Ibu/Mama. Hehehe, jadi kangen nih ama nyokap di kampoeng.

Tapi yang dibahas ama mereka justru kebalikan dari radio lain yang isinya memuja ibu. Soalnya di Indonesia, masih banyak kita denger berita kekerasan pada anak. Emang sih yang ngelakuin kekerasan bukan ibu saja, ada juga sih bapaknya. Tapi ga sedikit juga yang dilakukan oleh Ibu.

Sering kita denger, Ibu melakukan pemukulan kepada anaknya, nyetrika anaknya, bahkan ada yang sampe ngeracunin anaknya. Alasannya macem2, paling banyak adalah masalah ekonomi. Ada juga yang menganggap anaknya sebagai pembawa sial, karena anaknya lahir, hidup ibunya jadi susah seperti usaha bangkrut, atau suami jadi jarang pulang, dll.

G juga denger sih tadi ada juga ibu2 yang punya anak 3 orang, tapi anak yang ke-2 selalu dikucilkan, dimarahin, dipukul, karena alasan yang g sebut tadi di atas. Atau ngebandingin anaknya dengan anak orang lain.

Semua faktor kudu diliat, di Hari Ibu 2008 ini semua kudu introspeksi, gak anaknya, ibunya, atau bapaknya. Jangan sampe ada kekerasan lagi dalam rumah tangga. Jangan sampe nanti ada istilah "Ibu Durhaka" :D Happy Mother's Day

No comments: