Sunday, December 7, 2008

Fenomena Midnight Sale , diskon di malam hari?

Sekarang, semenjak ada midnight sale yang diadakan di salah satu mal di Ibu Kota dalam rangka ulang tahun Ibu Kota. Sekarang hampir semua mal gede mulai ikut2an mengadakan midnight sale, mulai dari jam 9 malem sampe midnight.



Mal2 menggunakan insting konsumtif orang Indonesia khususnya wanita dalam mengadakan Midnight Sale. Orang akan merasa mendapatkan harga yang murah karena kadang diskon yang diberikan berkisar antara 20%-80%. Yang paling sering g denger sih bantal yang harganya 300rb dijual seharga 99rb yang menyebabkan orang menjadi "insane" alias edan, beli ada yang sampe bawa karung.



Belom lagi barang2 lain, kalo memang kita tau harga barang itu mungkin kepake kalo sale, lah kalo gak tau, yang ada harga barang sudah di-mark up 40% lalu ditulis gede2 SALE 30%, orang yang gila SALE apa gak langsung beli, mumpung lagi murah. Padahal tokonya malah lebih untung 10 %. Soalnya g pernah lihat barang yang sudah di-mark up kaya gitu.

G juga pernah denger ada yang sampe suami nya shock. Kalo punya penyakit jantung udah mati konyol kali, 3 atau 4 kartu kredit istrinya sudah overlimit semua, Mati dah, bulan depan gimana bayarnya. Sebenernya bagi sebagian orang, Midnight Sale seperti ini yang niatnya pengen murah karena beli barang yang harganya sudah diskon malah menjadi boros, mereka bakalan beli barang yang sebenernya "tidak perlu". Jadi beli barang sudah bukan sesuai kebutuhan, karena "mumpung MURAH". Mal mah asik2 aja, orang jadi banyak yang dateng, belanja mal dapet duit, perputaran duit saat itu besar. Lah yang urusan kan, orang konsumtif itu ama bank bulan depan.



G dulu iseng pengen dateng ke Mal Karawaci yang ngadain Midnight Sale tanggal 28-29 November kemarin. Beuh, mau masuk aja susah, untung sempet keluar dan puter balik kalo gak bisa gila kali di situ.

Semua orang udah kaya kesetanan ngeliat SALE?? Padahal pengen untung malah buntung kalo dia ga bisa "pengendalian diri".

Sumber gambar: Detik

No comments: